KTM Siapkan Trail 200-250cc Versi Murah!

KTM Austria lewat distributornya, PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM), baru saja menggebrak pasar tanah air lewat Duke & RC-series 200/250cc dengan banderol yang relatif terjangkau dan punya seabrek keunggulan. Kini, mereka dikabarkan sedang mempersiapkan amunisi terbarunya untuk Indonesia, lewat Motor Trail 200-250cc!



KTM 350 EXC-F


Pasar motor trail & dual-purpose tanah air saat ini berkembang pesat. Para pabrikan pun seakan tak ingin ketinggalan, mulai dari pasar entry (150-200cc) yang diisi Kawasaki & Viar, hingga pasar 250cc yang dihuni KLX250, WR250, serta CRF250 yang bakal segera menyusul. Di segmen ini, KTM sebenarnya sudah memiliki beberapa amunisi seperti 150SX & 250SX... Namun karena didatangkan secara impor dari Austria, efeknya banderolnya pun melambung tinggi mulai dari Rp. 110-150 jutaan. Wow!

Kelemahan dari sisi banderol harga tersebut disadari sepenuhnya oleh PT Penta Jaya Laju Motor, selaku ATPM KTM segmen 200-400cc di Tanah Air. Mereka kemudian mulai mengusulkan langsung pada Prinsipal KTM Austria untuk meriset Trail 200/250cc yang spesifik untuk market Indonesia... Lantas, bagaimana cara supaya harganya bisa ditekan dan menjadi terjangkau Kang Enoanderson? Bisa banget koq!

Mesin KTM Duke 200/250



Pertama, KTM memiliki basis mesin yang mumpuni di Duke 200/250. Mesin ini bisa dituning dan diriset ulang supaya cocok dengan karakter motor trail & menghemat cost development. Kedua, jika produk Trail KTM sebelumnya diproduksi langsung di Austria, maka kali ini bisa memanfaatkan line produksi mereka di India - dan diimpor secara CKD (Completely Knock Down) ke Indonesia. Tujuannya agar cost produksi bisa ditekan signifikan. Ketiga, mereka bisa memanfaatkan basis Trail KTM yang sudah ada sebelumnya. Tujuannya seperti yang pertama tadi, untuk menghemat cost research & development. Gimana, keren kan?

Meskipun demikian, pihak KTM Indonesia belum bisa memastikan kapan Trail 250cc anyar tersebut bakal rilis. Hal ini disebabkan waktu riset yang membutuhkan waktu cukup lama... Apalagi produsen yang identik dengan warna oranye tersebut juga terkenal dengan jajaran Trail berkualitas tinggi, dan saat ini menjadi salah satu yang terbaik di Dunia. Namun, pihak KTM memberikan sedikit bocoran kalau development produk tersebut berjalan lancar, maka tahun 2018 adalah momen diharapkan untuk perilisannya. Nah! Kelas Trail 150-250cc pastinya bakal makin panas deh...!

Subscribe to receive free email updates: